Menggabungkan Ilmu dengan Aksi: Mahasiswa Mata Kuliah Ekonomi Sumber Daya Kelautan Bantu Desa Sungsang II Tingkatkan Kemasan Produk UMKM

 

SUNGSANG,BS  – Di era modern ini, pemasaran yang efektif menjadi kunci kesuksesan bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di seluruh dunia.

Namun, di Desa Sungsang II Kabupaten Banyuasin  sebuah terobosan telah membantu pengusaha UMKM untuk mengatasi tantangan ini dengan mengintegrasikan mata kuliah Ekonomi Sumber Daya Kelautan ke dalam strategi pemasaran mereka. Peningkatan kemasan produk menjadi salah satu kunci keberhasilan program ini.

Terletak di pesisir Sumatera, Desa Sungsang II memiliki potensi besar dalam sektor sumber daya laut.

Mayoritas penduduk desa mengandalkan mata pencaharian tradisional yaitu penangkapan ikan dan pengolahan hasil tangkapan menjadi kemplang, pempek, terasi, dan lain-lain.

Namun, kurangnya pengetahuan tentang pemasaran dan manajemen usaha menghambat pertumbuhan UMKM di desa ini.

Sebuah kolaborasi inovatif antara pengusaha UMKM lokal, Jurusan Ilmu Kelautan, FMIPA-UNSRI, dan mahasiswa mata kuliah Ekonomi Sumber Daya Kelautan telah mengubah paradigma ini.

Program inovatif ini memanfaatkan pengetahuan dan semangat mahasiswa untuk memajukan ekonomi lokal. Mahasiswa dari Jurusan Ilmu Kelautan, FMIPA-UNSRI berkontribusi dengan memberikan ide segar dan keterampilan baru dalam hal perbaikan kemasan produk.

Mahasiswa bekerja sama dengan pengusaha UMKM merancang kemasan yang menarik, praktis, dan melindungi produk dengan baik.

Kemasan yang diperbarui ini membantu produk-produk lokal mendapatkan daya tarik yang lebih besar di pasar yang semakin kompetitif.

Kepada Desa Sungsang II Abaji Husni menjelaskan, ini adalah contoh bagaimana pendidikan tinggi dapat berperan penting dalam menggerakkan ekonomi lokal, serta Inisiatif ini bukan hanya tentang mengembangkan bisnis lokal, tetapi juga tentang memberdayakan komunitas dan menciptakan masa depan yang lebih cerah untuk UMKM di desa.

Aksi nyata mahasiswa mata kuliah Ekonomi Sumber Daya Kelautan dalam peningkatan kemasan produk diharapkan dapat membantu UMKM di Desa Sungsang II agar dapat berkembang dan bersaing di pasar yang semakin ketat.(ril)